Buah Jeruk dan Kesehatan Organ Vital

Jeruk merupakan jenis buah yang sudah memasyarakat. Hampir di negeri ini tidak ada yang tidak tahu dan tidak pernah merasakan jeruk, bisa dipastikan hampir semuanya pernah tahu dan merasakan jeruk.

Di Indonesia sendiri jeruk terbagi menjadi 2 yaitu jeruk lokal dan jeruk impor. Jeruk medan adalah salah satu jenis jeruk yang bisa tumbuh dan banyak di budidayakan oleh petani lokal. Sementara jeruk mandarin adalah contoh jeruk yang di impor dari negeri China.

Jeruk jadi buah yang digemari oleh kebanyakan masyarakat karena memiliki rasa manis yang khas bercampur rasa asam. Jeruk memiliki aroma yang kuat menyengat hidung. Jadi jika Anda sedang bepergian jauh naik kendaraan dan perut rasa mual ada baiknya makan jeruk. Rasa mual yang timbul akan hilang dengan sendirinya. Bahkan untuk beberapa orang mengepas kulit jeruk saja sudah jadi aroma terapi tersendiri. Itulah hebatnya buah jeruk.

Secara medis buah jeruk pun diakui memiliki khasiat yang tidak terbantahkan. American Heart Association pernah merilis sebuah jurnal yang mengatakan bahwa jika wanita dewasa mengkonsumsi jeruk lebih banyak dan sering, maka untuk terkena stroke iskemik lebih rendah jika dibandingkan dengan wanita yang jarang makan buah jeruk. Tingkat resikonya 19% lebih rendah.

Bahkan menurut The National Health and Nutrition Examination Survey mengatakan bahwa jeruk dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena dalam sebuah jeruk utuh mengandung natrium yang cukup untuk menurunkan tekanan darah.

Ada studi dari American Journal of Epidemiology mengatakan bahwa pisang dan jeruk adalah buah yang sangat baik untuk memerangi radikal bebas. Kedua buah tersebut sangat kaya akan anti oksidan dan vitamin C.

Perlu kiranya diketahui jika radikal bebas ini adalah sebagai penyebab munculnya kanker. Dengan mengkonsumsi pisang dan jeruk secara rutin makan tingkat resiko terkena kanker menjadi lebih kecil.

Jeruk pun dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung karena dalam sebuah jeruk mengandung serat, kalium, vitamin C da kolin dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan jantung tetap optimal.

Demikianlah beberapa manfaat buah jeruk yang dirangkum dari berbagai macam sumber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramping dan Langsing Dalam Seminggu

Buah Jeruk dan Kecantikan Kita

Tetap Semangat Dalam Diet